Tuesday, February 8, 2011

Sketsa

Seni Sketsa

Sketsa merupakan gambaran atau lukisan pendahuluan yang kasar ringan, semata-mata garis besar atau belum selesai. Kerap kali sebagai percobaan bahkan sebagai tanda untuk mengingat-ingat. Dalam penerapannya biasanya sebagai catatan singkat tanpa bagian – bagian kecil yang mengemukakan gagasan tertentu. Pada umumnya merupakan rencana kasar seperti permainan ringan, mirip dengan musik ataupun artikel. Ini semua dalah hasil ekspresi yang artistik. Pada umumnya menggunakan garis.



Seni sketsa adalah seni yang pertama lahir, contohnya pada lukisan – lukisan kuno yang terdapat di gua-gua Altamira di Perancis Selatan, demikian juga pada gua-gua Leang-leang Sulawesi Selatan dan gua Abba di Irian Barat merupakan garis sketsa yang magis.

Menurut Herbert Read
Sesungguhnya dari libatan historis, jenis seni rupa yang pertama adalah jenis senirupa dari gua-gua, bermula dari garis-garis kontur. Seni rupa bertolak dari keinginan untuk menggaris-garis. Demikian juga yang terdapat pada anak-anak.

Seni rupa dibuat demi pemuasan pribadi seniman merupakan kesan dari karakteristik hidup dan gerak melalui media yang sangat sederhana, bahkan tanpa persiapan. Terdiri dari bahan kertas dan semua jenis tinta hitam dengan alat-alat pena, kuas, bambu, lidi yang disesuaikan dengan kebutuhan teknis.

Sketsa tidak sama dengan lukisan sketsa. Pengertian sketsa yang pertama adalah gambar rancangan sebelum diwujudkan menjadi karya akhir, baik berupa lukisan atau karya tiga dimensi. Sedangkan lukisan sketsa adalah karya sketsa yang sudah selesai sebagai lukisan. Bukan lagi sebuah rancangan. Lukisan sketsa bisa berupa drawing, ilustrasi, vignette, dan sebagainya. Namun dalam praktiknya, lukisan sketsa memang cukup disebut sketsa saja.

Contoh dari sketsa















0 comments:

Post a Comment

Most Viewed

Tailor-made Logo Design at 99designs

Chitika